LEAHISM

What I see. What I hear. What I feel. What I do.

Welkom! Welcome! Selamat Datang!

Ik aanbiden deze blog in het Nederlands, Engels en Indonesisch. Ik hoop dat jij geniet ervan.

I serve this blog in Dutch, English, and Indonesian. I hope you enjoy it.

Aku menyuguhkan blog ini dalam Bahasa Belanda, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia.
Aku harap kamu menikmatinya.

Angklung Itu Bukan Dari Sunda!!!

Dulu ketika SD, dalam mata pelajaran kesenian selalu ada pertanyaan dari mana asal angklung. Dan jawabanku selalu salah karena jawaban yang diberikan adalah "Banyuwangi" bukannya "Sunda". Kok bisa salah pikirku. Lalu, akupun mengikuti kunci jawaban setiap kali ada pertanyaan itu lagi. Namun begitu, ada rasa aneh dan ganjil dalam diriku. Aku yakin bahwa angklung itu adalah instrumen tradisional dari Banyuwangi.

Setelah dewasa, baru sadar bahwa iya emang tidak salah karena di Banyuwangi emang ada angklung. Angklung khas Banyuwangi. Bukan digoyang untuk menghasilkan suara seperti angklung sunda, tapi dipukul. Malah, ada empat varian angklung di Banyuwangi: Angklung Caruk, Angklung Tetak, Angklung Paglak dan Angklung Blambangan.

Jadi, mana yang benar? Aku atau pertanyaannya saja yang kurang lengkap? ;)

2 comments:

  1. Kalo menurutku sih gada yg salah.
    Hanya saja mgkin alangkah lebih baiknya apabila pembahasan ttg Angklung, jenis dan lain halnya yg berkaitan dg instrumen tsb dibahas terlebih dahulu sebelumnya.
    Bangsa kita sgt kaya akan segala-galanya termasuk seni budayanya. Musik/seni tradisi yg berakar dr nilai-nilai tiap daerah menciptakan ciri khas tersendiri di tiap daerah.
    Bambu adlh pohon yg tumbuh hampir di semua pelosok di Nusantara. Mudah dan Murah untuk didapatkan (tp ga tau sekarang masih atau tidak?). Sehingga sejk dhulu bambu sgtlah bermanfaat. mulai digunakan sebg alat dapur, lencak/kasur, senjata (rencong), mainan, alat musik, bhkan rumahku dulu juga terbuat dr bambu(skrg juga masih.tp bawahnya udah ditembok dikit.skitar 1 m. hehe).
    Mgkin kita juga akan bingung ktika ditanya drmn asal alat musik KENTONGAN?
    Waduh sprty otakku lg ga konex nih (maklum kbyakan bgadang)
    mgkin referensi berikut dapat dijadikan bacaan.
    1. http://dotcomcell.com/BANYUWANGIONLINE/ANGKLUNGCARUK/
    2. http://id.wikipedia.org/wiki/Angklung
    3. http://www.catatanjuned.com/2012/01/trolingkung_18.html
    ohya sblumnya sy mohon koreksi. apabila ada yg salah tolg dimaafin ya

    ReplyDelete
  2. Juned, makasih atas komennya. Postingan ini tidak menampik bahwa Angklung memang terkenal dari Sunda. Tulisan ini hanya berdasarkan pengalaman dan secara khusus menceritakan pengalaman ketika masih kecil tanpa membahas Angklung itu apa dan bagaimana. Karena fokusnya memang tidak di angklung.

    Kalau diliat dari judul, judul tersebut hanya pemikiran ketika kecil karena tiap kali ada pertanyaan itu di UTS atau UAS jawabanku selalu salah karena selalu menjawab "Banyuwangi". Mangkanya pada waktu itu keukeeh bilang "Angklung itu bukan dari Sunda!!!"

    Btw, makasih sekali lagi atas masukannya.

    ReplyDelete